Syarat, Cara dan Biaya Pendaftaran STAN

Spread the love

STAN menjadi perguruan tinggi vokasi paling sering diincar oleh banyak siswa/i yang baru lulus SMA/K. Perguruan tinggi ini banyak diincar oleh mereka yang minat di bidang keuangan. Apalagi prospek setelah lulus sangat cerah.

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki banyak peminat, butuh usaha dan kerja keras agar bisa masuk menjadi salah satu siswanya. Jika Anda menjadi salah satu peminatnya, Anda harus tahu apa saja syarat masuk STAN, bagaimana cara daftarnya dan juga besarnya biaya yang harus ditanggung selama menjalani study.

Syarat Masuk STAN

Dikutip langsung dari situs resminya, pknstan.ac.id, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi jika ingin masuk PKN STAN, yaitu:

  • Persyaratan lulusan:
  1. Program Reguler: siswa lulusan SMA, SMK dan sederajat
  2. Program Afirmasi: merupakan calon lulusan untuk tahun 2022 untuk semua SMA, SMK, dan yang sederajat.
  • Persyaratan nilai (bukan merupakan hasil dari pembulatan) untuk peserta:
  1. Dengan lulusan tahun 2022 maupun sebelumnya yang memiliki nilai ujian rata-rata di ijazah tidak kurang dari nilai 70 pada skala 100.
  2. Masih calon lulusan tahun 2022 yang memiliki nilai rapor rata-rata pada komponen pengetahuan di semester 5 (semester genap dan gasal bagi kelas X dan XI maupun semester gasal untuk kelas XII) yang tidak kurang dari nilai 70 pada skala 100.
  3. Ketika masuk pada pendaftaran ulang, pihak bersangkutan sudah dinyatakan lulus dengan nilai ujian rata-rata pada ijazah tidak kurang dari nilai 70 pada skala 100.
  • Maksimal berusia 21 tahun untuk PKN STAN per tanggal 1 September 2022.
  • Sudah terdaftar untuk UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang akan diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) pada tahun 2022.
  • Wajib bagi setiap calon peserta untuk memiliki nilai TPS (Tes Potensi Skolastik) UTBK minimal sebesar 400 bagi setiap peserta untuk program afirmasi dan 600 bagi setiap peserta untuk program reguler.
  • Sehat jasmani dan rohani, dan terbebas dari ketergantungan napza.
  • Bagi pria, tidak bertindik dan bertato, kecuali karena aturan agama maupun adat istiadat.
  • Tidak bertato bagi wanita.
  • Bersedia tidak menikah/kawin selama masih dalam masa pendidikan.
  • Belum pernah dinyatakan lulus di pengumuman kelulusan untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN di tahun-tahun sebelumnya.
  • Khusus bagi yang mengikuti Program Afirmasi ada tambahan syarat, seperti:
  1. Telah dinyatakan lulus SD (Sekolah Dasar) atau sederajat, SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau sederajat, dan SMA (Sekolah Menengah Atas) atau sederajat.
  2. Ada garis keturunan dari orang tua kandung yang berasal dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, atau Papua Barat.
  3. Mendapatkan rekomendasi dari pihak SMA atau sederajat dengan memberikan pernyataan bahwa pihak bersangkutan menjadi 2 (dua) usulan terbaik.

Cara Daftar PKN STAN

Jika Anda sudah mengetahui syarat masuk STAN, berikutnya adalah cara daftar masuk STAN yang juga harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Melakukan registrasi melalui website https://sscasn.bkn.go.id:
  2. Pilih menu DIKDIN
  3. Lakukan pendaftaran dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) agar bisa mendapatkan akun dan password login
  4. Login menggunakan NIK dan password yang sebelumnya didaftarkan
  5. Pilihlah sekolah kedinasan PKN STAN
  6. Lengkapi biodata
  7. Lakukan peninjauan resume dan cetak Kartu Pendaftaran
  8. Masuk ke portal https://spmb.pknstan.ac.id.
  9. Isi formulir pendaftaran secara online:
  • Login menggunakan akun dari https://sscasn.bkn.go.id
  • Isi data berupa pilihan program studi
  • Isi data tambahan pada formulir pendaftaran online
  • Kunci data tersebut

Biaya Pendaftaran PKN STAN

Jika Anda sudah sampai di sini, maka Anda memang berminat untuk masuk ke perguruan tinggi STAN. Setelah mengetahui syarat dan cara daftarnya, Anda juga harus tahu besar biaya pendaftarannya.

Untuk pendaftaran, Anda membutuhkan biaya mencapai Rp 350.000, yang sudah termasuk biaya pelaksanaan, Kompetensi dan Seleksi.

Dengan informasi di atas, Anda harus sudah siap dengan berbagai persyaratannya. Jangan lupa siapkan juga biaya pendaftarannya. Setelah itu, persiapkan diri Anda agar bisa masuk ke perguruan tinggi STAN.