Inilah Beberapa Jurusan Populer di PKN STAN

Spread the love

Kalau ditanya soal masuk PKN STAN, pasti semua orang ingin masuk ke perguruan tinggi satu ini. Meski perguruan tinggi ini memiliki nama lengkap Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, tapi ada berbagai jurusan lain di dalamnya. Jadi tidak hanya ada satu jurusan saja.

Setiap jurusan yang ada di STAN memiliki peminat masing-masing. Bahkan dari beberapa jurusan yang ada, terdapat jurusan yang paling populer. Lalu apa saja jurusan populer di PKN STAN?

Jurusan Populer di PKN STAN

Bagi Anda yang penasaran mengenai jurusan yang paling populer di STAN, mari kita simak sama-sama.

  1. Akuntansi

Jurusan akuntansi yang ada di PKN STAN tentu menjadi jurusan yang paling ikonik. Sebagai Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, jurusan Akuntansi jelas masuk dalam daftar jurusan terpopuler. Bahkan total mahasiswa STAN setengahnya berasal dari jurusan ini. Akuntansi menjadi jurusan yang populer karena peluang kerjanya jauh lebih luas dibandingkan jurusan lain.

Jurusan ini terdiri atas Program Diploma 3 dan Diploma 4 yang menjadikan jurusan ini menuntut hasil Ujian Saringan Masuk (USM) tertinggi. Umumnya, Ilmu Akuntansi yang ada di STAN ini memiliki materi yang sama seperti mahasiswa Strata 1 di perguruan tinggi pada umumnya. Hanya saja, STAN menambahkan “menu istimewa”, yaitu Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan, Keuangan Publik, hingga berbagai mata kuliah sejenisnya.

  1. Pajak

Jurusan selanjutnya yang populer di STAN adalah Pajak. Jurusan ini terdiri atas Program Studi Diploma 3 Pajak, Diploma 3 Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, dan Diploma 1 Pajak. Lalu apa bedanya Pajak yang ada di STAN dengan perguruan tinggi lain?

Di jurusan Pajak PKN STAN, mahasiswa juga diajari cara menulis laporan keuangan perpajakan. Tapi, mahasiswa STAN juga belajar mengenai administrasi/tata usaha pemungutan pajak terkait keuangan negeri, Akuntansi Dasar hingga Menengah, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan berbagai mata kuliah lain yang menjadi menu wajib dan harus diselesaikan oleh mahasiswa Pajak.

Akan tetapi, mata kuliah Pajak dikenal sulit, tapi sangat layak untuk diperjuangkan. Terlebih, jika Anda juga tertarik untuk bekerja di Ditjen Pajak yang memang kebanyakan diisi oleh alumni Pajak PKN STAN.

  1. Kepabeanan dan Cukai

Jurusan yang memiliki Program Diploma 3 dan Diploma 1 ini terkenal sebagai jurusan khusus pria. Bagaimana tidak dengan sistem perkuliahan yang dimilikinya, yaitu bersifat semi militer, karena memang tujuannya adalah untuk menggembleng para calon petugas penjaga perbatasan dan pelabuhan yang sangat mungkin terjadi penyelundupan. Mungkin hal tersebut yang menjadikan jurusan ini kebanyakan diisi oleh para pria.

Sesuai dengan sistem yang dimilikinya, para calon mahasiswa harus lolos dari seleksi fisik yang ketat. Contohnya masalah penglihatan tidak boleh silinder atau minus lebih dari tiga, bahkan tidak boleh buta warna.

Selain sistem yang dimilikinya, calon petugas Bea dan Cukai harus memiliki pengetahuan, contohnya seperti kimia dasar.

  1. Manajemen Keuangan

Jurusan kali ini terdiri atas tiga Program Studi, yaitu Diploma 3 Kebendaharaan Negara, Diploma 3 Manajemen Aset, dan Diploma 1 Kebendaharaan Negara. Prodi Kebendaharaan Negara mempelajari perencanaan, pelaksanaan, hingga pelaporan penggunaan uang negara. Banyak lulusannya yang bekerja sebagai pegawai Ditjen Anggaran, Ditjen Perbendaharaan, dan Ditjen Pengelolaan Utang.

Di samping itu, Prodi Manajemen Aset mempelajari berbagai mata kuliah hukum yang ada kaitannya dengan topik piutang, penilaian aset dan properti, dan lelang negara. Ditjen Kekayaan Negara menjadi instansi yang membutuhkan lulusan prodi ini.

Itulah beberapa jurusan populer yang ada di PKN STAN. Apakah Anda tertarik untuk masuk di salah satunya?